Thursday, December 22, 2016

Tiga Kebijakan Pemerintah terkait Ujian Nasional 2017 dan USBN 2017

Moratorium Ujian Nasional yang beberapa saat lalu sempat menjadi topik pemberitaan baik secara online maupun offlline, sepertinya terjawab sudah pada rapat koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 22 Desember 2016. Dari bahan rapat tersebut diperoleh informasi bahwa untuk tahun 2017 ujian nasional masih tetap berjalan dan meningkatkan mutu ujian sekolah menjadi ujian sekolah berstandar nasional.


Berikut ini tiga hal pokok terkait ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional tahun 2017:

  1. Ujian Nasional tetap dilaksanakan.
  2. Ujian Sekolah ditingkatkan mutunya menjadi USBN 2017 (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) untuk beberapa mata pelajaran.
  3. Memperluas pelaksanaan berbasis komputer, baik UN maupun USBN.
Ada perubahan cukup signifikan dari kebijakan pemerintah terkait ujian nasional, dimana mata pelajaran yang di uji nasionalkan untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK  hanya 4 (empat) mata pelajaran. Untuk USBN jenjang SMP dan SMK yang diujikan ada 3 mata pelajaran,  sedangkan jenjang SMA yang diujikan ada 6 mata pelajaran.



Persiapan-persiapan yang dilakukan pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan sudah dimulai sejak awal desember 2016 yang lalu dan akan terus berlanjut hingga terselesaikannya rangkaian ujian nasional dan USBN tahun 2017. Kita tunggu bagaimana Prosedur Operasional Standar  Ujian Nasional 2017 (POS UN 2017) yang akan diterbitkan pemerintah sebagai pedoman pelaksanaan UN 2017 sekaligus POS USBN 2017-nya. Semoga dengan kebijakan baru ini dapat menambah kualitas pendidikan di negara kita, dan berikut ini adalah bahan-bahan rapat koordinasi yang dapat kita pelajari terkait kebijakan UN dan USBN 2017:
Share:

0 comments:

Post a Comment